• Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image

Universitas Terbuka Surakarta, Making Higher Education Open To All

OSMB FE, FHISIP, FMIPA, FKIP

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) merupakan kegiatan yang sangat penting bagi mahasiswa baru Universitas Terbuka dikarenakan belum semua mahasiswa baru UT memiliki pemahaman yang baik tentang sistem pembelajaran jarak jauh. Pada hari Sabtu tanggal 10 Februari 2018, Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Surakarta menyelenggarakan OSMB bagi mahasiswa baru Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) khususnya mahasiswa baru yang bukan dari Program Studi Pendidikan Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) yang diikuti oleh 290 mahasiswa.

Materi OSMB yang diberikan meliputi pengenalan Universitas Terbuka serta pengenalan tentang konsep, prinsip, dan implementasi sistem belajar jarak jauh dan belajar mandiri yang disampaikan oleh kepala UPBJJ-UT Surakarta. Disamping itu juga disampaikan penjelasan oleh Penanggung Jawab Bidang Registrasi dan Ujian tentang layanan registrasi mahasiswa dan registrasi mata kuliah, pemilihan mata kuliah, peragaan data pribadi mahasiswa, Ujian Akhir Semester, serta Kelulusan. Penjelasan berikutnya dari Penanggung Jawab Bidang Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar meliputi Kalender Akademik dan bahan ajar, kegiatan tutorial, praktek/praktikum, bimbingan akademik, kegiatan kemahasiswaan, dan Upacara Penyerahan Ijasah (UPI), serta pengenalan website UT dan website UPBJJ-UT Surakarta, Sumber Pembelajaran Terbuka UT (Open Educational Resorces UT), perpustakaan digital, dan Latihan Mandiri. Penjelasan penutup diberikan oleh Penanggung Jawab Teknologi Informatika tentang pembelajaran tutorial melalui fasilitas online. 

Inti dari materi OSMB adalah pengenalan dan pemahaman mahasiswa baru tentang pemanfaatan teknologi pembelajaran dan teknologi komunikasi. Mahasiswa dapat melakukan registrasi, akses dan pemesanan bahan ajar, tutorial, dan ujian secara online dengan memanfaatkan jaringan internet. Melalui OSMB dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh, mahasiswa UT tidak hanya akan memiliki kompetensi di bidang ilmu masing-masing namun juga kompetensi pemanfaatan teknologi pembelajaran dan teknologi komunikasi.

 


fkip  fhisip  fe  fst  pasca