• Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image

Universitas Terbuka Surakarta, Making Higher Education Open To All

Pembukaan Admisi Registrasi Semester 2023/2024 ganjil (2023 ganjil) dan Pergeseran Periode Semester

Sehubungan dengan pembukaan Admisi dan Registrasi semester 2023/2024 ganjil (2023 ganjil) untuk program Sarjana dan Diploma, dengan ini kami sampaikan hal-hal berikut.

  1. Kalender Akademik program Sarjana dan Diploma tahun akademik 2023/2024 sebagai berikut.
    1. Admisi RPL dan Non RPL
      RPL Non RPL
      Pendaftaran Mahasiswa Baru
      1 Juni - 20 Juli 2023
      Pendaftaran Mahasiswa Baru
      11 Mei - 8 Agustus 2023
      Pembayaran LIP Admisi Mahasiswa Baru
      1 Juni - 27 Juli 2023 
      Pembayaran LIP Admisi Mahasiswa Baru
      11 Mei-16 Agustus 2023
      Unggah Berkas Mahasiswa Baru
      1 Juni - 31 Juli 2023
      Unggah Berkas Mahasiswa Baru
      1 Juni - 31 Juli 2023
      Validasi berkas Mahasiswa Baru
      oleh UT Pusat dan UPBJJ
      1 Juni - 2 Agustus 2023
      Validasi berkas Mahasiswa Baru
      oleh UT Pusat dan UPBJJ
      11 Mei - 23 Agustus 2023
    2. Pemrosesan RPL oleh Fakultas 1 Juni - 30 Agustus 2023.
    3. Registrasi Mata Kuliah mahasiswa barn dan on going 13 Juni - 6 September 2023.
    4. Pembayaran uang kuliah mahasiswa baru dan on going 13 Juni -11 September 2023.
  2. Pemrosesan RPL oleh Fakultas 1 Juni - 30 Agustus 2023.
    1. Registrasi Mata Kuliah mahasiswa barn dan on going 13 Juni - 6 September 2023.
    2. Pembayaran uang kuliah mahasiswa baru dan on going 13 Juni -11 September 2023.
  3. Hal hal penting dalam pemberkasan
    Calon mahasiswa hendaknya memastika berkas yang diisi dan dikirimkan ke UT dilakukan dengan lengkap, benar, dan valid, dengan memperhatikan ketentuan berikut.
    1. Form Data Pribadi pada laman admisi-sia.ut.ac.id diisi dengan lengkap dan benar. Pastikan pengisian Nama, NIK dan tempat tanggal lahir sesuai Kartu Tanda Penduduk calon mahasiswa.
    2. Pengisian alamat rumah calon mahasiswa atau alamat pengiriman harus lengkap dan tepat disertai dengan nomor RT/RW dan nomor rumah.
    3. Scan Foto Copy Ijazah wajib dilegalisisasi basah oleh sekolah yang mengeluarkan ijazah atau dari Dinas Pendidikan daerah setempat atau dari kepegawaian tempat bekerja calon mahasiswa khusus bagi pegawai negeri (ASN). Bagi calon mahasiswa UT yang berdomisili di luar negeri, legalisasi ijazah dapt edilakukan di Kantor Perwakilan RI terdekat.
    4. Scan Foto Copy Ijazah (lulusan tahun 2018- 2023) dapat tanpa dilegalisir apabila NISN terdapat pada data DAPODIK
    5. Melampirkan tangkapan layar screenshot dari laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/ khusus lulusan sarjana/diploma. Jika data dari Perguruan Tinggi Asal masih proses sinkronisasi ke PDDIKTI dapat melampirkan Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi Asal.
    6. Formulir pernyataan kebenaran data dan keabsahan dokumen dan formulir Tanda Tangan menggunakan yang ada di web UT (www.ut.ac.id/formulir).
    7. Berkas pendaftaran calon mahasiswa akan divalidasi 3x24 jam, setelah calon mahasiswa melakukan pendaftaran.
  4. Saluran Pembayaran.
    Pembayaran dapat dilakukan melalui :
    1. bank secara langsung di teller Bank BRI/BTN/Mandiri/BSI;
    2. ATM Bank BRI/BTN/Mandiri;
    3. internet banking Bank Mandiri;
    4. sms banking Bank Mandiri/BTN;
    5. kartu debit Bank BRI/BTN/Mandiri melalui Electronic Data Capture (EDC) di UPBJJ-UT;
    6. Bank BNI khusus untuk mahasiswa Layanan Luar Negeri;
    7. secara tunai di Alfa Grup (Alfamidi, Alfamart, Lawson, Dan+Dan); serta
    8. Tokopedia.
  5. Pergeseran Periode Semester
    1. Sebutan label semester 2023.2 pada aplikasi telah berubah dan diganti sesuai dengan sebutan pada PDDIKTI menjadi 2023 ganjil (2023.1)
    2. Sebutan pada katalog dan dokumen formal lainnya
      1. Penamaan tahun akademik menjadi 2023/2024
      2. Penamaan semester menjadi 2023/2024 ganjil (2023 ganjil) dan 2023/2024 genap (2023 genap)
    3. Penerapan perubahan penamaan dan pelaporan data berlaku mulai 2023 ganjil (dimulai sejak pembukaan admisi semester 2023/2024 ganjil tanggal 11 Mei 2023)
  6. Keperluan informasi
    Apabila terdapat pertanyaan, silakan hubungai petugas UT melalui:
    1. Hallo UT dengan email: hallo-ut@ut.ac.id, telepon nomor: 1500024
    2. Kantor UPBJJ_ UT atau UT Daerah dengan alamat yang tercantum pada website UT www.ut.ac.id. laman https://www.ut.ac.id/upbjj-ut/alamat

fkip  fhisip  fe  fst  pasca