• Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image

Universitas Terbuka Surakarta, Making Higher Education Open To All

Mahasiswa UT Surakarta kembali mempersembahkan juara. Kali ini dalam pertandingan kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2022 pada cabor taekwondo yang diselenggarakan oleh Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) di Udinus Sport Center pada 2-3/9/2022. Azka Maulana, mahasiswa dari Prodi S1 PGSD UT Surakarta meraih juara 3 pada kelas U-58.

            "Pertama yang pasti adalah berdoa dan melakukan pemanasan mengenali musuh," ungkapnya. Azka menjelaskan bahwa kendalanya dalam pertandingan adalah susah dalam memprediksi bagian tendangan musuh dan mempertahankan ketahanan fisiknya, tapi ia berusaha untuk tetap tenang dan terus melakukan latihan rutin. Azka sudah latihan taekwondo dari kelas 3 SD dan pertama kali ikut kejuaraan profesional di Universitas Sebelas Maret (UNS) tingkat nasional pada tahun 2018.

Azka juga merupakan guru Pendidikan Jasmani (Penjas) di SDN 1 Pranten, Gubug, Kab. Grobogan, Jawa Tengah. Karena pembelajaran di SD dan perkuliahannya di UT Surakarta masih kosong setelah UAS, ia dapat melakukan latihan rutin dari pagi sampai malam di Dojang Gubug dan Semarang sebelum kejuaraan Pomprov Jawa Tengah di mulai.

Kejuaraan Pomprov ini dimulai pukul 08:00 WIB pada 3 September 2022 dan menggunakan bagan sistem gugur. Azka berhasil menang juara 3 melawan 23 kandidat lainnya dari berbagai Universitas di Jawa Tengah. Pada babak pertama, kedua dan ketiga, Azka menang melawan atlet dari Universitas Pekalongan, Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Sekolah Tinggi Teknologi Warga (STTW) Surakarta. Namun pada babak keempat (semifinal) Azka harus menghadapi kekalahan melawan atlet dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Harapan Azka kedepannya dapat terus menjadi lebih baik dan dapat menjadi juara 1 untuk kejuaraan berikutnya. Azka juga sangat berterima kasih kepada UT Surakarta yang sudah mensupport sampai sejauh ini.

Dengan diikutsertakannya mahasiswa dalam lomba seperti POMPROV diharapkan UT Surakarta dapat mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berprestasi tingkat nasional serta mencapai IKU (Indikator Kerja Utama) Universitas.


fkip  fhisip  fe  fst  pasca