• Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image

Universitas Terbuka Surakarta, Making Higher Education Open To All

            Mahasiswi Prodi S1 Ilmu Komunikasi UT Surakarta, Rut Riyani Patma Mahrum berhasil meraih Juara Harapan 3 lomba penulisan puisi Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) tingkat provinsi Jawa Tengah yang diadakan Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia pada 25 s.d 27 Agustus 2022 di Universitas Pancasakti, Tegal, Jawa Tengah. Karya Rut tersebut mendapatkan piala bersama dengan Juara 1,2,3 dan Juara harapan 1 dan 2.

            “Suka nulis puisi karena awalnya saya suka membaca kumpulan puisi Chairil Anwar yang ada di raklemari perpustakaan waktu SMP. Mulai dari situ, saya suka coret – coret tulisan,” tuturnya. Rut menjelaskan bahwa Kebertahanan (Survival) adalah tema puisi yang diberikan oleh panitia. Dengan tema tersebut, Rut membuat puisi dengan judul “Episode Debat Terakhir” yang menceritakan tentang debat diri terhadap pikiran sendiri, debat tentang bagaimana Rut dan Ibu Rut bisa bertahan setelah Bapak meninggal karena virus Corona kala itu.

Sebelumnya, Rut sudah menjalani seleksi tingkat UT Surakarta pada akhir Juli, bersaing dengan 3 kandidat mahasiswa lainnya. Namun menurut hasil penilaian juri, Rut yang berhasil masuk sebagai perwakilan dari UT Surakarta. Setelah seleksi, Rut diberikan pelatihan secara rutin sampai hari-H lomba

Dengan diikutsertakannya mahasiswa dalam lomba seperti PEKSIMIDA diharapkan UT Surakarta dapat mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berprestasi tingkat nasional serta mencapai IKU (Indikator Kerja Utama) Universitas.


fkip  fhisip  fe  fst  pasca