• Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image

Universitas Terbuka Surakarta, Making Higher Education Open To All

Universitas Terbuka Surakarta melakukan pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi, Corporate Social Responsibility (CSR), dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) pada hari Rabu, 8 Juni 2022. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Manahan dengan dihadiri 141 mahasiswa dan 16 panitia dari staff UPBJJ-UT Surakarta. Pelatihan ini diisi oleh pemateri Joko Purwono, S.P.Si. (Ketua Creative Space Soloraya) dan Dian Haryanto, S.Pt., S.Pd. (Owner Rumah Makan MAS KER Tengkleng Colomadu Solo) dengan tema “Semangat Muda Berjiwa Usaha”. Pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama diisi oleh pemateri Joko Purwono, S.P.Si. mengenai penjelasan dan teknis UMKM dan sesi kedua diisi oleh pemateri Dian Haryanto, S.Pt., S.Pd. mengenai pengalaman dan sharing UMKM.

Disamping itu, terdapat sesi diskusi, presentasi dan workshop tugas dengan membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok diskusi berisi 3-5 mahasiswa dan dalam satu kelompok harus ada 1 mahasiswa yang membawa laptop dan sudah memiliki usaha. Bagi mahasiswa yang belum memiliki usaha digabungkan menjadi satu kelompok.

Dengan dilakukannya pelatihan ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan secara maksimal jiwa enterpreneurship dalam diri mahasiswa, meningkatkan pengetahuan dan menambah ilmu tentang kewirausahaan bagi mahasiswa sehingga mahasiswa dapat mengikuti lomba kewirausahaan yang didanai tingkat nasional. Hal ini membuat Universitas Terbuka semakin bertambah prestasinya tingkat nasional dan dikenal banyak orang serta mencapai IKU (Indikator Kerja Utama) Universitas.


fkip  fhisip  fe  fst  pasca