wrapper

Breaking News

Has no content to show!
Pengumuman

Pengumuman (42)

Thursday, 30 July 2020 00:00

Jadwal Ujian TAP 2020.1

Written by

 

Yth. Mahasiswa UT Surakarta

Ujian Tugas Akhir Program masa 2020.1 yang sebelumnya tertunda dikarenakan Covid-19 sudah dapat dilaksanakan secara onlineujian TAP akan dilaksanakan di 4 lokasi yaitu Kantor UT Surakarta, SMKN 4 Klaten, SMKN 1 Purwodadi, dan SMKN 1 Boyolali.

Pelaksanaan ujian online TAP tetap mematuhi syarat ketentuan pencegahan penyebaran Virus Covid-19, oleh karena itu mahasiswa diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ruangan, dan suhu tubuh < 37.5. Bagi mahasiswa yang berhalangan hadir dapat menghubungi UT Surakarta untuk dilakukan penyesuaian jadwal pelaksanaan, perubahan jadwal mengukuti aturan yang diterapkan yaitu jumlah kapasitas, waktu pelaksanaan ujian dan hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian.

Cek peserta ujian online TAP di laman https://sl.ut.ac.id/socjadwaltap konfirmasi ke UT Surakarta melalui Whatsapp jika belum terdaftar ujian dengan melampirkan bukti pembayaran (LIP). 

Password ujian online dapat dilihat melalui laman https://sia.ut.ac.id permintaan password pada hari H ujian tidak akan dilayani.

Cara melihat password ujian online, unduh 

Jadwal Ujian TAP
No Tanggal Ujian Lokasi Ujian
1 12 - 21 Agustus 2020 Kantor UT Surakarta
2 22 & 23 Agustus 2020 SMKN 4 Klaten
3 25 & 26 Agustus 2020 SMKN 1 Boyolali
4 29 & 30 Agustus 2020 SMKN 1 Purwodadi

 

Info : 

WA : 081586862727
Website : surakarta.ut.ac.id
Facebook : surakartaut

Instagram : utsurakarta

Menindaklanjuti surat edaran Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Nomor: 19383/UN31.WR.3/KM.00.00/2020 tanggal 22 Mei 2020 mengenai Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020, kami sampaikan hasil seleksi mahasiswa berprestasi sebagai wakil resmi UT untuk mengikuti Lomba Pilmapres 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai berikut.

Alfin Dwi Novemyanto 030992257 UT Surakarta Mahasiswa Berprestasi Nama : Alfin Dwi Novemyanto
NIM : 030992257
UPBJJ-UT : Surakarta
Program Studi : Ilmu Hukum S1
Fakultas : Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
IPK : 3.83

Capaian Prestasi

No. Tingkat Capaian Tahun Prestasi
1. Internasional Juara I Poster Competition 2020 Leo Spectrum Competition in category Sustainable Environtment
2. Nasional Juara I Lomba Poster 2019 Kartini’s Day Competition dengan Tema “Menumbuhkan Jiwa Kartini di Zaman Milenial”
3. Nasional Juara I Poster Competition 2019 Polymer Days - Poster Competition “Optimalisasi Industri 4.0” serta mendukung Smart Factory dalam sektor Industri untuk menyokong program SDG’s di Indonesia”
4. Nasional Juara I Lomba Desain poster Umum 2019 Pekan Orientasi Ilmiah Fisika XII PLUS 2019
5. Nasional Juara I Menulis 2019 Menulis cerita mini bertema A walk through memories
6. Nasional Juara I Lomba Essai 2019 Lomba Essay memperingati Milad Ukmi Bumi Bengawan yang ke-13
7. Nasional Juara II Lomba Infografik 2019 KPI’S Day 4 dengan tmea “Komunikasi dan Kearifan Lokal di Era Revolusi 4.0”
8. Nasional Juara II Lomba Desain Poster 2019 Lomba Poster Dacsafest Lite 2019 dengan tema “Hari Bumi”
9. Nasional Juara II Lomba Desain Poster 2018 Lomba Poster dengan tema Selamatkan laut Indonesia
10. Nasional Juara II Lomba Puisi 2019 Lomba Menulis Puisi tingkat nasional
11. Nasional Juara III Lomba Poster 2019 SPECTRUM UNS 2020 Dalam memperingati Hari Bumi
12. Nasional Juara III Lomba Desain Poster 2020 Lomba Poster dalam rangka Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020
13. Nasional Juara III Lomba Poster 2020 Lomba Anti Nyampah dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional
14. Provinsi Juara I Lomba Poster 2019 Communication Festival 2019
15. Kabupaten/Kota Pemakalah/Speaker Conference Seminar 2020 SMAGO Campus and Entrepreneurship Fair 2020 “Shape the Future of Inspiring Youth”
16. Nasional Harapan Juara Harapan 1 Lomba Puisi 2019 Event Puisi tema “Dusta”
17. Nasional Harapan Lomba Desain Poster 2020 PAMI Bali Scientific Festival 2020 dengan tema”Upaya Preventif Promotif guna meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat menuju Indonesia Sehat 2025
18. Nasional Harapan Lomba poster 2019 Kompetisi Desain Poster Nasional
19. Nasional Harapan Juara 4 Lomba Desain Poster 2020 Lomba Desain Poster Dakwah Milad Lazismu PCM Bantul

Kami sampaikan selamat kepada Alfin Dwi Novemyanto mahasiswa UPBJJ-UT Surakarta atas capaian sebagai mahasiswa beprestasi dalam Pilmapres 2020 tingkat Universitas Terbuka.

Bagi mahasiswa yang belum terpilih, kami sampaikan terima kasih telah berpartisipasi dalam Lomba Pilmapres 2020 dan teruslah berprestasi dan berkarya.

Terima Kasih

Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan

 
Thursday, 11 June 2020 00:00

Perubahan Jadwal Ujian Online 20194

Written by

 

Yth. Mahasiswa UT Surakarta

Ujian online masa 20194 yang sebelumnya tertunda dikarenakan Covid-19 lokasi ujian di Kantor UT Surakarta, SMKN 4 Klaten, dan SMKN 1 Purwodadi sudah dapat dilaksanakan, adapun untuk lokasi ujian di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Salatiga, pelaksanaan ujian dipindahkan ke Kantor UT Surakarta.

Pelaksanaan ujian online tetap mematuhi syarat ketentuan pencegahan penyebaran Virus Covid-19, oleh karena itu mahasiswa diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ruangan, dan suhu tubuh < 37.5. Bagi mahasiswa yang berhalangan hadir dapat menghubungi UT Surakarta untuk dilakukan penyesuaian jadwal pelaksanaan, perubahan jadwal mengukuti aturan yang diterapkan yaitu jumlah kapasitas, waktu pelaksanaan ujian online dan hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian.

Terlampir daftar peserta ujian lokasi ujian, konfirmasi ke UT Surakarta melalui Whatsapp jika belum tercantum dalam daftar ujian dengan melampirkan bukti pembayaran (LIP). 

Password ujian online dapat dilihat melalui laman https://sia.ut.ac.id permintaan password pada hari H ujian tidak akan dilayani.

Cara melihat password ujian online, unduh 

Terlampir daftar peserta Ujian Online  

  1. Daftar peserta ujian online  di Kantor UT Surakarta, urut per tanggal ujian, unduh
  2. Daftar peserta ujian online di Kantor UT Surakarta, urut per nama, unduh
  3. Daftar peserta ujian online di SMKN 1 Purwodadi, unduh
  4. Daftar peserta ujian online di SMKN 4 Klaten, unduh
  5. Daftar peserta ujian online di Kantor UT Surakarta (pindahan dari SMK Telekomunikasi Salatiga), unduh

 

Info : 

WA : 081586862727
Website : surakarta.ut.ac.id
Facebook : surakartaut

Instagram : utsurakarta

 UO 20194 Surakarta

SUO Luar UPBJJ

 

Menyikapi pandemi Covid-19, Universitas Terbuka (UT) menetapkan kebijakan memberikan bantuan kepada mahasiswa terdampak Covid-19. Kebijakan itu diwujudkan dalam bentuk pembebasan SPP selama 1 (satu) semester untuk masa registrasi 2020/21.1 bagi mahasiswa dengan skema layanan SIPAS (Penuh, Semi, dan Non-TTM) yang terdampak pandemi Covid-19 dan tidak mampu secara ekonomi, tetapi memiliki prestasi akademik yang baik.

Mahasiswa dapat mengajukan sebagai calon penerima dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Kebijakan pembebasan SPP bagi mahasiswa terdampak Covid-19 berlaku bagi:

  1. Mahasiswa tidak mampu secara ekonomi
  2. Mahasiswa memiliki prestasi akademik dan/atau prestasi dibidang ekstra-kurikuler dan ko-kurikuler. Prestasi akademik bagi mahasiswa FE, FKIP, FST dan FHISIP adalah dengan IPK minimal 2,75 berdasarkan nilai IPK masa registrasi 2019/20.1
  3. Mahasiswa dengan skema layanan SIPAS (Penuh, Semi, dan Non-TTM) jenjang Sarjana dan Diploma
  4. Mahasiswa aktif masa registrasi 2019/20.2 (mahasiswa dalam dan luar negeri, guru dan non-guru)
  5. Mahasiswa minimal semester II (masa registrasi awal 2019/20.2) dan maksimal semester VIII
  6. Mahasiswa tidak menerima beasiswa atau bantuan biaya pendidikan yang bersumber dari APBN/APBD/CSR atau sumber lainnya
  7. Mahasiswa aktif mengikuti Tutorial Online/Tutorial Webinar/Tugas Mata Kuliah masa registrasi 2019/20.2
  8. Mahasiswa penyandang disabilitas yaitu mahasiswa dengan keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan sensorik
  9. Mahasiswa mengisi data pribadi antara lain nama lengkap, tempat/tanggal lahir, NIM, NIK, Nomor HP, alamat email, jenjang pendidikan, program studi, semester, IPK, dan UPBJJ-UT
  10. Mahasiswa melakukan pendaftaran dan mengunggah bukti/dokumen melalui laman http://sl.ut.ac.id/pedulicovid19

Kebijakan ini tidak berlaku bagi mahasiswa Non-SIPAS, mahasiswa yang melakukan alih program/alih kredit dan mahasiswa yang berkas registrasi pertamanya tidak lengkap.

Persyaratan berupa bukti dokumen yang wajib diunggah mahasiswa sebagai berikut.

  1. Scan/foto Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Scan/foto Kartu Mahasiswa
  3. Scan/foto Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) jika ada
  4. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan atau desa setempat
  5. Bukti penghasilan orangtua (jika ada)
  6. Lembar Kemajuan Akademik Mahasiswa (LKAM) masa registrasi 2019/20.1
  7. Piagam, sertifikat penghargaan, atau bukti prestasi lainnya pada bidang ko-kurikuler dan ekstra kurikuler (jika ada)
  8. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan biaya pendidikan dari sumber APBN/APBD/CSR atau sumber lainnya di atas kertas bermaterai Rp6.000,00
  9. Mahasiswa penyandang disabilitas menyertakan surat keterangan dari Kepala UPBJJ-UT yang menyatakan mahasiswa yang bersangkutan berkebutuhan khusus

Waktu pendaftaran dan upload bukti/dokumen secara online: 8 Juni sd 8 Juli 2020, Pukul 24.00 WIB melalui laman http://sl.ut.ac.id/pedulicovid19

Waktu pengumuman penerima pembebasan SPP bagi mahasiswa terdampak pandemi Covid-19 masa registrasi 2020/21.1: 15 Juli 2020 melalui laman https://www.ut.ac.id/

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Devi Ayuni, 021-7490941 ekstensi 1140
Firmansyah, 021-7490941 ekstensi 1336

Terima Kasih

Tuesday, 02 June 2020 00:00

Pengembalian Biaya Ujian Online Reguler

Written by

Kepada Mahasiswa Universitas Terbuka

Berdasarkan surat edaran Rektor Nomor : 14973/UN31.WR.1/PK.02.03/2020 tanggal 7 April 2020 tentang kebijakan layanan akademik UT dalam situasi covid-19 pada semester 2019/20.2 ada beberapa hal yang kami sampaikan.

  1. Penyelenggaran Ujian Online (UO) reguler tidak dilakukan pada semester  2019/20.2
  2. Biaya registrasi UO reguler yang telah dibayarkan mahasiswa akan dikembalikan
  3. Mahasiswa dipersilahkan menghubungi UT Surakarta berkaitan dengan pengembalian biaya UO reguler tersebut, serta mempersiapkan nomor rekening dan bukti billing pembayaran registrasi UO (Asli).

Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih.

Lampiran : Daftar perserta ujian online reguler 2020.1, unduh

Thursday, 28 May 2020 00:00

Perpanjangan Waktu Unggah Karya Ilmiah

Written by

Yth. Mahasiswa Universitas Terbuka

Menindaklanjuti Surat Edaran Rektor nomor 14937/UN31.WR.1/PK.02.03/2020 tanggal 7 April 2020 tentang kebijakan Layanan Akademik UT dalam situasi Covid-19 pada semester 2019/20.2 dan untuk memberikan kelonggaran waktu bagi mahasiswa yang meregistrasikan mata kuliah Karya Ilmiah (Karil), dengan ini kami sampaikan bahwa batas akhir waktu unggah karil diperpanjang sampai dengan tanggal 19 Juni 2020 (jadwal unggah Karil sebelumnya 4 Mei - 8 Juni 2020).

Kami berharap, perpanjangan waktu ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mempersiapkan Karil Anda dan mengunggahnya melalui laman http://karil.ut.ac.id 

Atas perhatian Anda, kami ucapkan terima kasih dan selamat belajar.

Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan, 
ttd. 
Adi Winata

Friday, 08 May 2020 00:00

Tes Masuk Program Magister PPs

Written by

Dalam upaya membantu pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) UT menetapkan tes masuk Program Magister, Program Pascasarajana (PPs) semester 2019/2020.2 dilaksanakan melalui Penilaian Portofolio

1. Dokumen portofolio yang dijadikan dasar penentuan kelulusan tes masuk : 

a. Ijazah S1/D-IV dan Transkrip Nilai
b. Curriculum Vitae (unduh)
c. Hasil TOEFL
d. Hasil TPA
e. Rancangan Penelitian (unduh)

Untuk butir c dan d apabila mahasiswa belum dapat mengirimkan sesuai jadwal, dokumen dapat dipenuhi setelah pengumuman hasil Tes Masuk

2. Dokumen dikirim melalui email kepada Program Studi yang dipilih, paling lambat diterima Minggu, 17 Mei 2020

3. Alamat e-mail setiap program studi tercantum sebagai berikut.

No. Program Studi Alamat E-mail
1 S2 Administrasi Publik (MAP) This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
2 S2 Manajemen (MM) This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
3 S2 Pendidikan Dasar (MPDr) This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
4 S2 Pendidikan Matematika (MPMt) This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
5 S2 Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
6 S2 Manajemen Perikanan (MMP) This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
7 S2 Studi Lingkungan (MSL) This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Tuesday, 28 April 2020 00:00

Tugas Mata Kuliah (TMK)

Written by

 

Pengumuman Penting !!

 

Berikut kami informasikan kepada mahasiswa UT Surakarta yang tidak mengikuti proses pembelajaran atau perkuliahan : 

  • TUTON (Tutorial Online) 
  • Tuweb (Tutorial Berbasis Web) sebagai pengganti TTM

Untuk mahasiswa yang tidak mengikuti kedua sistem pembelajaran atau perkuliahan diatas. Mahasiswa harus mengerjakan dan mengumpulkan tugas melalui laman tmk.ut.ac.id. Adapun cara untuk mengakses laman tersebut adalah:

  1.  Buka laman tmk.ut.ac.id
  2. Klik Menu Login Mahasiswa
  3. Masukkan NIM dan Sandi Pengguna

Bagi mahasiswa yang tidak mengikuti tuton/tuweb dan belum terjaring TMK dapat mengirimkan email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan subjek/judul TMK dan isikan data sesuai dengan form terlampir.

 

Mahasiswa yang mengambil matakuliah TAP, PKP dan yang mendaftar Ujian Online:

  1. Pelaksanaan ujian TAP tetap dilaksanakan, tetapi jadwalnya akan ditentukan kemudian sesuai dengan perkembangan situasi Covid-19.
  2. Bagi mahasiswa yang telah terdaftar sebagai peserta Ujian Online, tetapi karena situasi Covid-19 belum terlaksana, maka pelaksanaan  Ujian Online akan dijadwalkan ulang setelah situasi memungkinkan.
  3. Laporan PKP mahasiswa S1 PGSD & PGPAUD dikirim dengan cara mengupload melalui laman tmk.ut.ac.id adapun username dan password diinformasikan melalui WAG ketua kelas
  4. Matakuliah ****4560-Karya Ilmiah diupload pada laman karil.ut.ac.id

 

Universitas Terbuka akan mengirimkan informasi melalui SMS, Whatsapp atau email, jika terjadi perubahan pada data tersebut mahasiswa dapat memperbaiki secara mandiri melalui sia.ut.ac.id.  Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi UT Surakarta melalui media dibawah ini: 


WA : 081586862727
Website : surakarta.ut.ac.id
Facebook : surakartaut

Instagram : utsurakarta

Lampiran :

  1. Surat Edaran TMK Mahasiswa, unduh
  2. Panduan TMK - Mahasiswa, unduh
  3. Informasi Kebijakan Layanan Akademik dalam Situasi Covid-19 pada semester 2019/20.2, unduh
  4. Form Tugas Matakuliah, unduh
  5. Kebijakan TMK bagi Mahasiswa Peserta Tuton,unduh

 

Thursday, 02 April 2020 00:00

Panduan Tutorial Web (TUWEB)

Written by

Panduan tuweb melalui HP download disini

Panduan tuweb melalui Laptop download disini

Panduan mengakses office 365 download disini

Surat Pengganti Layanan TTM dengan Tuweb Untuk Tutor download disini

Surat Pengganti Layanan TTM dengan Tuweb untuk Mahasiswa download disini

Berdasarkan surat Rektor Universitas Terbuka nomor 13766/UN31/KP.11.00/2020 tanggal 26 Maret 2020 perihal Perpanjangan work from home/WfH sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19 sampai dengan 14 April 2020, seluruh pegawai Universitas Terbuka masih bekerja dari rumah (WfH).

Sehubungan dengan hal tersebut, maka layanan UT untuk Informasi, Konsultasi, Surat Keterangan, Legalisir Ijazah, dan proses layanan lainnya bagi mahasiswa atau masyarakat umum dapat dilakukan/disampaikan melalui website http://hallo-ut.ac.id dengan membuat tiket dan menunggu balasan melalui email masing-masing.

Layanan informasi umum lainnya dapat disampaikan melalui:

  • SMS: 08119050024
  • Email:
  • Media sosial:
    • facebook/twitter/instagram: @univterbuka
    • linkedin: linkedin.com/school/universitas-terbuka

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

ref. 13872/UN31.BAKP/JM.08/2020

Page 1 of 3