wrapper

Breaking News

Has no content to show!
Pengumuman

Pengumuman (18)

Thursday, 15 November 2018 00:00

Daftar Tempat Ujian Masa 2018.2

Written by

 

Daftar Tempat Ujian Akhir Semester Masa 2018.2

No  Kab/Kota  Tempat Ujian
 1 Surakarta SMPN 24 Surakarta (Ruang 1 sd 17) 
SMPN 25 Surakarta (Ruang 18 sd 34)
Hari Sabtu di SMPN 24 Surakarta 
 2 Karanganyar SMPN 1 Jaten
 3 Wonogiri SMKN 1 Wonogiri
4 Sukoharjo SMPN 2 Sukoharjo
5 Klaten SMKN 1 Klaten
6 Boyolali SMKN 1 Boyolali
7 Salatiga SMPN 9 Salatiga
8 Sragen SMAN 3 Sragen
9 Grobogan SMKN Pancasila (Ruang 1-32)
SMPN 2 Purwodadi (Ruang 33-44)
Hari Sabtu di SMKN Pancasila
Monday, 12 November 2018 00:00

Ayo Menulis Kisah Inspiratif

Written by

alumni bidikmisi

Sehubungan dengan masih banyaknya keluhan dari mahasiswa yang belum terdaftar sebagai peserta Tutorial Online (Tuton) 2018/19.1 dengan ini kami sampaikan masa aktivasi dan konfirmasi keikutsertaan Tuton bagi mahasiswa diperpanjang sampai dengan hari Minggu, 21 Oktober 2018 pukul 23.55

Sunday, 07 October 2018 00:00

FAQ Tentang Tutorial Online (Tuton)

Written by
  1. Q: Mengapa mata kuliah saya tidak muncul di Tuton?
    A: Ada tiga kemungkinan penyebabnya, Pertama, tidak melakukan aktivasi tuton, Kedua, tidak melakukan registrasi tuton, dan Ketiga, tidak mengisi lembar kesediaan mengikuti tuton.
    Jadi langkah-langkah dalam mengikuti Kegiatan Tuton: Aktivasi tuton→Registrasi Tuton→Mengisi lembar konfirmasi kesediaan tuton
  2. Q: Apa yang dimaksud dengan aktivasi tuton?
    A: Aktivasi tuton adalah proses aktivasi account mahasiswa di laman: https://elearning.ut.ac.id/. Aktivasi merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru atau mahasiswa lama yang accountnya tidak pernah digunakan lebih dari 6 (enam) bulan, sebelum mengikuti kegiatan tuton
  3. Q: Apa yang dimaksud registrasi tuton?
    A: Registrasi tuton adalah langkah kedua yang harus dilakukan mahasiswa jika ingin mengikuti kegiatan tutorial pada semester berjalan. Registrasi mata kuliah tuton dilakukan di laman Sistem Informasi Akademik UT: http://sia.ut.ac.id/
  4. Q: Mengapa harus mengisi lembar kesertaan mengikuti tuton?
    A: Pengisian lembar konfirmasi keikutsertaan dalam tuton adalah langkah ketiga atau terakhir yang dilakukan mahasiswa sebelum mengikuti tuton, hal ini sebagai pernyataan keseriusan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan tuton. Pengisisan lembar konfirmasi keikutsertaan tuton dilakukan di : https://elearning.ut.ac.id/
  5. Q: Mengapa jumlah matakuliah di tuton tidak sama dengan mata kuliah yang diregistrasi?
    A: Setiap mahasiswa yang melakukan registrasi mata kuliah, maka tidak secara otomatis semua mata kuliah yang diregistrasikan akan muncul di tuton (lihat kebijakan baru terkait kegiatan tuton). Pada prinsipnya, bagi mahasiswa yang mengambil Paket Sipas, hanya satu mata kulia yang ditutonkan untuk memberikan pengalaman online learning (ditentukan oleh program studi); bagi mahasiswa yag mengambil paket Sipas semi, hanya mata kuliah yang tidak di TTM kan yang ikut tuton (mata kuliah yang tidak bertanda T dalam katalog); bagi mahasiswa yang mengambil Paket sipas non TTM dan non Sipas, maka semua matakuliah diberikan layanan tutonnya.
  6. Q: Mengapa mahasiswa tidak dapat mengisi lembar konfirmasi?
    A: Ada dua penyebabnya, pertama, belum melakukan aktivasi tuton dan atau, Kedua, belum melakukan registrasi tuton (silakan baca kembali pertanyaan terkait aktivasi dan registrasi tuton)
  7. Q: Mengapa mahasiswa tidak dapat mengisi daftar kehadiran?
    A: Daftar hadir cukup dilakukan sekali saja, tidak perlu berulang-ulang, untuk melihat hasil kehadiran dapat dilihat di menu Nilai/Grade.
  8. Q: Mahasiswa dapat mengisi kehadiran tetapi tidak bisa mengakses diskusi
    A: Solusinya tutor melakukan edit setting Diskusi, pada menu restrict access filternya dihapus
  9. Q: Sudah registrasi tuton tetapi tidak keluar mata kuliah di tuton?
    A: Mahasiswa harus mengisi lembar konfirmasi tuton sebagai pernyataan keseriusan dalam mengikuti kegiatan tuton. Lembar konfirmasi dapat diisi setelah mahasiswa login di laman : https://elearning.ut.ac.id/
  10. Q: Mengapa materi tuton belum ada?
    A: Silakan menghubungi tutor mata kuliah yang bersangkutan, dengan melihat nama tutor dan email tutor pada menu peserta (participant) ada dua kemungkinan:Pertama,materinya belum ada, dan Kedua materinya dihide (tersembunyi) secara tidak sengaja
  11. Q: Mengapa tidak bisa melakukan reply diskusi
    A: Ada dua kemungkinan penyebabnya: Pertama, mahasiswa belum mengisi daftar kehadiran, Kedua, penyetingan diskusinya oleh tutor tidak tepat, Patikan status groupnya “No Group”
  12. Q: Apakah peserta tuton harus mengabsensi setiap mengikuti materi inisiasi yang sama
    A: Tidak, mahasiswa hanya mengisi satu kali kehadiran setiap minggu kegiatan tuton jika ingin membaca materi inisiasi atau mengisi forum diskusi atau menjawab tugas
  13. Q: Apakah tutor perlu absen kehadiran?
    A: Tutor tidak perlu mengisi daftar kehadiran
  14. Q: Ketika Mahasiswa mengisi daftar kehadiran muncul notifikasi “anda tidak diperbolehkan mengambil pelajaran ini lagi”,
    A: Kehadiran tidak perlu diakses berulang-ulang. Maksud dari informasi itu adalah “Mahasiswa tidak dapat mengakses lagi menu kehadiran”
  15. Q: Bagaimana meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam diskusi.
    A: Silakan kirim pesan (send message) kepada mahasiswa. Langkahnya adalah :1) Klik menu peserta (participant); 2) kemudian pilih semua (select all); 3) kirim pesan (send message); 4) isi pesan (message body); dan 5) kirim pesan(send message)
  16. Q: Mengapa mahasiswa tidak dapat merespon diskusi karena tidak ada tempat menjawab diskusi yang ada hanyalah hyperlink. (Akuntansi)
    A: Silakan lihat pilihan pengaturan modul yang biasanya (common module setting) setelah diklik ubah pengaturan (edit setting). Jika pada submenu “group Mode” tercantum “grup yang terlihat (visible group)” atau “group terpisah (separate group)” maka ubah menjadi “tidak ada group (no groups)”
  17. Q: Apakah Tutor boleh meminta jawaban diskusi dan tugas?
    A: Semua penilaian terhadap forum diskusi dan tugas harus dilakukan diaplikasi tuton karena penilaian tuton mahasiswa akan diambil dari aplikasi tuton. Tidak ada penilain manual (melalui email)

Unduh FAQ Tuton disini

Thursday, 04 October 2018 00:00

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) UT 2019

Written by

 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) UT 2019

Sebagai institusi Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh, UT berkomitmen untuk berpartisipasi dan berperan serta aktif dalam kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Melalui koordinasi Kantor Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan, Fakultas di UT Pusat, serta peran aktif Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) dan mahasiswa UT di seluruh Indonesia, UT menyelenggarakan Pilmapres 2019 tingkat perguruan tinggi dan tingkat Nasional.

Pilmapres UT 2019 mengangkat tema “Merajut Nusa Membangun Bangsa” yang diadopsi dari tema Dies Natalis UT tahun 2018. Pilmapres diselenggarakan secara terbuka bagi seluruh mahasiswa program Sarjana UT yang memiliki prestasi unggul baik dibidang Ilmiah/Penalaran/Akademik, Seni-Budaya, Olah Raga, Teknologi & Sains, Inovasi, Keagamaan, Kewirausahaan, dan bidang lainnya.

Mahasiswa yang berminat dan memenuhi persyaratan dapat mengunduh Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Berikut tujuan kegiatan, persyaratan peserta, metode pendaftaran, prosedur pemilihan, tahapan seleksi, komponen penilaian, bidang penilaian dan jadwal Pilmapres UT.

Tujuan

  1. Memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa UT yang meraih prestasi/capaian unggul dan membanggakan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
  2. Memotivasi mahasiswa UT untuk melaksanakan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana untuk menyeimbangkan hard skills dan soft skills.
  3. Mendorong mahasiswa UT untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi/capaian unggul dan membanggakan secara berkesinambungan.

Peserta

Peserta Pilmapres adalah mahasiswa aktif UT Program Sarjana yang terdaftar pada PD-DIKTI yang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Terdaftar di PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa program Sarjana maksimal semester V pada 2018/2019.1.
  3. Peserta berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2019 atau maksimal lahir pada 1 Januari 1997 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IP seluruh matakuliah yang lulus) rata-rata minimal 3,00.
  5. Bagi pemenang Pilmapres tingkat UT: Surat Pengantar dari pemimpin perguruan tinggi bidang kemahasiswaan (Wakil Rektor/Ketua/Direktur) yang menyatakan bahwa mahasiswa yang diusulkan adalah pemenang pertama hasil seleksi perguruan tinggi yang bersangkutan, apabila pemenang pertama berhalangan dapat digantikan pemenang berikutnya.
  6. Belum pernah menjadi finalis Pilmapres tingkat nasional pada tahun-tahun sebelumnya.

Persyaratan Khusus

  1. Rekapitulasi Indeks Prestasi per semester.
  2. Karya Tulis Ilmiah yang ditulis dalam bahasa Indonesia baku.
  3. Ringkasan (bukan abstrak) yang ditulis dalam bahasa Inggris/bahasa asing PBB lainnya.
  4. Video yang menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris/ bahasa asing PBB lainnya secara lisan.
  5. 10 (sepuluh) prestasi/capaian yang diunggulkan, dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagai bukti.

Persyaratan UT

  1. Bersedia mengikuti Training Camp selama 3 hari penuh di UT Pusat bagi 12 mahasiswa terpilih.
  2. Bersedia mengikuti program khusus lanjutan bagi 3 juara tingkat UT selama 3 hari penuh di UT Pusat.
  3. Bersedia mengikuti seleksi nasional bagi Juara 1 tingkat UT sesuai jadwal yang ditetapkan Belmawa Kemristekdikti 2019 di Jakarta.
  4. Surat Rekomendasi dari Dekan masing-masing peserta.
  5. Menulis makalah 10 – 15 halaman, spasi 1,5, pada kertas A4, sesuai dengan tema “Merajut Nusa Membangun Bangsa” dalam kajian bidang ilmu masing-masing.

Pendaftaran melalui Aplikasi

  1. Mahasiswa mendaftar melalui laman http://kemahasiswaan.ut.ac.id/pilmapres
  2. Mahasiswa mengunggah dokumen persyaratan Pilmapres yang ditentukan.

Prosedur Pemilihan

  1. Pilmapres tingkat UT dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dan disahkan oleh Rektor UT.
  2. Panitia menetapkan 12 orang untuk diberikan pelatihan (Training Camp) selama 3 hari di UT Pusat.
  3. Panitia menyeleksi sebanyak 3 orang dari 12 peserta untuk diberikan pelatihan tahap ke-2 melalui Program Khusus.
  4. Hasil pemilihan pada tingkat UT dituangkan dalam Berita Acara Pemilihan.
  5. 1 (satu) orang terbaik hasil pemilihan, dikirimkan ke tingkat nasional.
  6. 2 (dua) orang lainnya, dijadikan sebagai duta UT di wilayah UPBJJ-UT yang bersangkutan

Tahap Seleksi

  1. Seleksi tahap awal (desk evaluation) dilakukan melalui sistem penilaian berdasarkan:
  1. Persyaratan administrasi
  2. b. Karya tulis ilmiah
  3. Ringkasan karya tulis ilmiah berbahasa Inggris/ bahasa asing PBB lainnya (bukan abstrak)
  4. Video presentasi ringkasan karya tulis ilmiah dalam bahasa Inggris/bahasa asing PBB
  5. Data prestasi/capaian yang diunggulkan dan membanggakan
  1. Seleksi tahap akhir dilakukan terhadap peserta Pilmapres yang lolos seleksi tahap awal dilakukan berdasarkan:
  1. Penilaian presentasi karya tulis ilmiah
  2. Penilaian presentasi dan diskusi dalam bahasa Inggris/ bahasa asing PBB lainnya
  3. Wawancara dan klarifikasi terhadap prestasi/capaian yang diunggulkan (penghargaan/pengakuan/rekam jejak yang relevan)

Komponen Penilaian

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
  2. Karya tulis ilmiah beserta ringkasan
  3. Prestasi/capaian yang diunggulkan
  4. Bahasa Asing (PBB)
  5. Kepribadian

Bidang Penilaian

  1. IPA (Alam dan Formal)
  2. IPS (Humaniora, Sosial, Seni dan Agama)
    Pengelompokan penilaian akan dilakukan oleh tim seleksi UT sesuai dengan program studi dari masing-masing peserta Pilmapres.

Jadwal Kegiatan

No. Kegiatan Bulan
1 Pendaftaran peserta lewat aplikasi Oktober – November 2018
2 Koordinasi/Persiapan penilaian Desember 2018
3 Penyamaan Persepsi dan Penilaian Tahap awal Desember 2018
4 Penentuan Finalis Desember 2018
5 Pengumuman & Undangan Finalis Pilmapres UT untuk ikut Training Camp Januari 2019
6 Persiapan Training Camp Januari 2019
7 Training Camp Januari 2019
8 Program Khusus Februari 2019
9 Penilaian (Tahap Akhir) Februari 2019
10 Pengumuman Hasil Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Maret 2019
11 Pengiriman data calon Pilmapres & berkas elektronik ke Belmawa April 2019 (disesuaikan jadwal Belmawa)

Informasi lebih lanjut mengenai Pilmapres 2019 dapat menghubungi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama (WD III) Fakultas berikut ini.

WD III FE, email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., telp. 021-7490941 ekstensi 2104

WD III FHISIP, email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., telp. 021-7490941 ekstensi 1904

WD III FKIP, email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., telp. 021-7490941 ekstensi 2004

WD III FMIPA, email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., telp. 021-7490941 ekstensi 1804

Salam Hangat,

Tim Pilmapres UT 2019

Lampiran: Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 59 Tahun 2018 tanggal 29 Agustus 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2018, dan Pengumuman Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 4105/A.A2/KP/2018 tentang Seleksi Penerimaan CPNS Kemenristekdikti Tahun 2018, Universitas Terbuka membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang berintegritas dan berdedikasi tinggi untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Universitas Terbuka Kemenristekdikti, dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

I. NAMA JABATAN, KUALIFIKASI PENDIDIKAN, JUMLAH FORMASI, DAN RENCANA PENEMPATAN

A. Jumlah alokasi formasi berdasarkan Pengumuman Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 4105/A.A2/KP/2018 tentang Seleksi Penerimaan CPNS Kemenristekdikti, yang terdiri dari:

  1. formasi Dosen Umum sebanyak 80; dan
  2. formasi Dosen Cumlaude sebanyak 1.

B. Nama jabatan, kualifikasi pendidikan, jumlah dan jenis formasi, dan rencana penempatan sebagaimana tersebut dalam daftar terlampir (Lampiran I).

II. PERSYARATAN

A. PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  2. Sehat Jasmani dan Rohani;
  3. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya;
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipenjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Anggota Polri atau TNI;
  6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS atau Anggota Polri atau TNI;
  7. Berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat pelamaran;
  8. Tidak sedang menempuh pendidikan dan/atau pelatihan, dengan memperoleh beasiswa dengan perjanjian ikatan dinas/wajib kerja; dan
  9. Tidak sedang menjalani ikatan dinas/wajib kerja dengan institusi/lembaga/perusahaan/perguruan tinggi; dan
  10. Tidak terafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

B. PERSYARATAN KHUSUS

  1. Formasi Umum
    1. Memiliki kualifikasi pendidikan baik jenjang pendidikan maupun program studi yang sesuai dengan persyaratan jabatan, yang dibuktikan dengan fotokopi/salinan sah ijazah, dengan ketentuan:
      1. Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri, program studi telah terakreditasi oleh BAN-PT pada saat kelulusan.
      2. Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh penyetaraan ijazah dari pejabat yang berwenang (Eks Direktorat Jenderal DIKTI Kemdikbud atau Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti).
    2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ijazah:
      1. Untuk formasi jabatan Dosen, minimal 3,00 (tiga koma nol) skala 4,00 (empat koma nol) dibuktikan dengan transkrip nilai yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (serendah-rendahnya Dekan atau yang sederajat).
  2. Formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude)
    1. Memiliki kualifikasi pendidikan baik jenjang pendidikan maupun program studi yang sesuai dengan persyaratan jabatan, yang dibuktikan dengan fotokopi/salinan sah ijazah, dengan ketentuan:
      1. Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri, berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul dan program studi terakreditasi A/Unggul oleh BAN-PT pada saat kelulusan. Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude) dibuktikan dengan keterangan Dengan Pujian (Cumlaude) pada ijazah atau transkrip nilai.
      2. Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh penyetaraan ijazah dari pejabat yang berwenang (Eks Ditjen DIKTI Kemdikbud atau Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti).
    2. Khusus untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri, wajib melampirkan surat keterangan yang menyatakan yang bersangkutan lulus dengan predikat lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude) dari Direktur Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti.

III. TATA CARA PENDAFTARAN

A. PENDAFTARAN ONLINE

  1. Pelamar melakukan pendaftaran secara online pada laman https://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 28 September 2018 dengan mengisi data sesuai data kependudukan yang tertera pada KTP dan/atau KK. Registrasi online ditutup pada tanggal 8 Oktober 2018.
  2. Tata cara pendaftaran secara online mengikuti petunjuk sebagaimana tercantum pada laman https://sscn.bkn.go.id.

B. PENGIRIMAN BERKAS LAMARAN

  1. Pengiriman berkas lamaran diatur sebagai berikut:
    1. Berkas lamaran yang diunggah di SSCN yaitu:
      1. Surat lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000,- yang ditujukan kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi;
      2. Pas Photo dengan latar belakang warna merah. Pelamar yang mengunggah foto dengan latar belakang warna berbeda, dinyatakan gugur;
      3. KTP yang masih berlaku;
      4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang dan Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah yang dikeluarkan oleh Pejabat yang berwenang Eks Ditjen DIKTI Kemdikbud atau Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti (khusus bagi pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri);
      5. Fotokopi transkrip nilai yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
      6. Fotokopi sertifikat akreditasi program studi. Khusus pelamar formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude) disamping fotokopi sertifikat akreditasi program studi juga mengunggah sertifikat akreditasi perguruan tinggi;
    2. Berkas lamaran yang dikirim ke Panitia Seleksi Kemenristekdikti yaitu:
      1. Asli hasil cetakan (print-out) Kartu Pendaftaran SSCN 2018 yang telah ditandatangani pelamar;
      2. Surat lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000,- yang ditujukan kepada Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi;
      3. Pas Photo dengan latar belakang warna merah. Pelamar yang mengirim foto dengan latar bekang warna berbeda, dinyatakan gugur;
      4. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
      5. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang:
        1. Ijazah pendidikan terakhir yang sesuai dengan syarat jabatan;
        2. Ijazah S-1/D-IV, khusus bagi pelamar untuk jabatan Dosen Asisten Ahli;
      6. Fotokopi transkrip nilai yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
      7. Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah yang dikeluarkan oleh Pejabat yang berwenang (Eks Ditjen DIKTI Kemdikbud atau Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan,  Kemenristekdikti) khusus bagi pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri;
      8. Fotokopi sertifikat akreditasi Program Studi dari BAN-PT yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang pada Perguruan Tinggi yang bersangkutan;
      9. Fotokopi sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi dari BAN-PT yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang pada Perguruan Tinggi yang bersangkutan, khusus bagi pelamar formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude);
      10. Surat Keputusan/Keterangan penyetaraan dari Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti yang menyatakan lulus dengan predikat lulusan terbaik dengan pujian (cumlaude), khusus bagi pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang melamar pada formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude);
  2. Berkas lamaran sebagaimana dimaksud pada angka 1 (satu) huruf b, dimasukkan dalam map dengan warna merah.
  3. Pengiriman berkas lamaran:
    1. Map yang berisi berkas lamaran sebagaimana angka 2 (dua), dimasukkan kedalam amplop cokelat dan dikirim ke Panitia Seleksi Pengadaan CPNS, Kemenristekdikti melalui PO BOX 3700 JKP 10037 paling lambat tanggal 11 Oktober 2018;
    2. Pada sudut kanan atas amplop cokelat, wajib mencantumkan kode jenis formasi yaitu:
    3. Huruf “A” untuk jenis formasi Umum;
    4. Huruf “B” untuk jenis formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude);

IV. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI

A. TAHAPAN SELEKSI

  1. Seleksi Administrasi
    1. Pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi apabila memenuhi seluruh persyaratan dan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka romawi II dan III;
    2. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi diumumkan di laman https://sscn.bkn.go.id dan https://cpns.ristekdikti.go.id pada tanggal 18 Oktober 2018;
    3. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
    1. SKD dilaksanakan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT);
    2. SKD dilaksanakan di lokasi sesuai wilayah yang dipilih pelamar pada saat melakukan pendaftaran online;
    3. Materi SKD terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
    4. Jumlah peserta yang dinyatakan lulus SKD paling banyak 3 (tiga) kali jumlah formasi;
    5. Dalam hal tidak ada pelamar formasi khusus yang lulus SKD, maka alokasi formasi khusus tersebut ditambahkan ke formasi umum pada jabatan, kualifikasi pendidikan, dan rencana penempatan yang sama;
    6. Kelulusan SKD didasarkan pada nilai ambang batas (passing grade) yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018;
    7. Pelamar yang dinyatakan lulus SKD berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
    1. SKB untuk jabatan Dosen terdiri dari:
      1. 1) Praktik mengajar dengan bobot 25%;
      2. 2) Wawancara dengan bobot 20%;
      3. 3) Tes Potensi Akademik sesuai dengan kualifikasi pendidikan dengan bobot 40%;
      4. 4) Tes kesehatan dengan bobot 15%.
    2. Informasi terkait media yang digunakan untuk pelaksanaan tes potensi akademik SKB akan disampaikan kemudian.
    3. SKB dilaksanakan di Unit Kerja penempatan yang dituju (Unit Utama/ PTN/L2Dikti).

B. JADWAL SELEKSI *)

NO TANGGAL KEGIATAN
1 19 September 2018 Pengumuman Pengadaan CPNS
2 28 September s/d 8 Oktober 2018 Pendaftaran
3 28 September s/d 11 Oktober 2018 Pelamaran/Pengiriman Berkas
4 18 Oktober 2018 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
5 23 Oktober s/d 22 November 2018 SKD
6 27 November 2018 Pengumuman Hasil SKD
7 3 s/d 8 Desember 2018 SKB
8 18 Desember 2018 Pengumuman Kelulusan Akhir
9 22 Desember s/d 31 Desember 2018 Pemberkasan

*) Jadwal bersifat tentatif, menyesuaikan dengan jadwal yang ditetapkan Panselnas.

V. PENETAPAN KELULUSAN

  1. Peserta dinyatakan lulus berdasarkan hasil integrasi nilai SKD dan nilai SKB;
  2. Bobot nilai SKD dan SKB yaitu : 40% : 60%;
  3. Pengolahan hasil integrasi nilai SKD dan nilai SKB dilakukan oleh Panselnas;
  4. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi adalah peserta dengan ranking tertinggi sesuai dengan jumlah formasi masing-masing jabatan dan kualifikasi pendidikan;
  5. Keputusan Ketua Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.

VI. PEMBERKASAN

  1. Pelamar yang dinyatakan lulus wajib melengkapi berkas/dokumen dalam rangka pengangkatan sebagai CPNS ke Bagian Hukum, Kerja Sama, dan Kepegawaian Universitas Terbuka Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, 15418;
  2. Berkas/dokumen sebagaimana dimaksud pada angka 1 akan diumumkan pada saat pengumuman kelulusan akhir.

VII. KETENTUAN LAIN

  1. Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan/persyaratan seleksi yang ditetapkan.
  2. Apabila dikemudian hari pelamar terbukti memberikan data yang tidak benar/sesuai dengan fakta atau melakukan manipulasi data maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan diberhentikan sebagai CPNS/PNS.
  3. Pelamar yang sudah dinyatakan lulus wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya selama 10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS.
  4. Dalam hal pelamar sudah dinyatakan lulus seleksi kemudian mengajukan pindah, yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.
  5. Bagi pelamar yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi wajib membuat surat pernyataan mengundurkan diri yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-
  6. Dalam hal peserta seleksi sudah dinyatakan lulus oleh Pejabat Pembina Kepegawaian, tetapi di kemudian hari terbukti kualifikasi pendidikannya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan dan/atau tidak memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditetapkan, maka status kelulusan yang bersangkutan dibatalkan.
  7. Dalam hal peserta yang sudah dinyatakan lulus tahap akhir seleksi dan sudah mendapat persetujuan NIP ternyata kemudian mengundurkan diri, kepada yang bersangkutan diberikan sanksi tidak boleh mendaftar pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk periode berikutnya.
  8. Pelayanan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kemenristekdikti Tahun 2018 dapat melalui Telepon 1500661 pada hari Senin s.d. Jumat mulai pukul 08.30 s.d.16.00 WIB atau melalui Telepon 021-7490941 ext 1309.
  9. Pelamar diharapkan selalu memantau perkembangan informasi terkait dengan seleksi CPNS Kemenristekdikti pada laman http://cpns.ristekdikti.go.id atau http://ristekdikti.go.id
  10. Seluruh tahapan seleksi TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN.
  11. Pelamar dimohon untuk mewaspadai tawaran/janji dari oknum tertentu yang mengatas namakan Kemenristekdikti yang menjanjikan dapat membantu untuk diangkat menjadi CPNS serta dimohon untuk melaporkan hal tersebut kepada Panitia Seleksi.

Tangerang Selatan, 24 September 2018

Kepala Biro Keuangan, Umum dan Kerja Sama,
Selaku Ketua Panitia Seleksi,
ttd.
Wagimin, S.H., CN
NIP 196209081986031015

lampiran: Lampiran-formasi-CPNS-UT-Kemristekdikti-2018

 
Saturday, 08 September 2018 00:00

Hasil Try Out SMA/SMK dalam Rangka Dies Natalis UT ke 34

Written by

HASIL TRYOUT SBMPTN SMAN 1 KARANGDOWO

1. IPS dapat diunduh disini

2. IPA dapat diunduh disini

 

Friday, 07 September 2018 00:00

Pemenang Lomba Foto dan VLOG Dies Natalis UT ke 34

Written by

Pemenang Lomba Foto dan VLOG dalam Rangka Dies Natalis Universitas Terbuka ke 34

Lomba Foto :

Juara 1 : Narwan Danang P

Juara 2 : Nurul Khasanah

Juara 3 : Tiara Oktavia

 

Lomba VLOG :

Juara 1 : Nurul Khasanah

Juara 2 : Agil Diyah Kusuma Wardani

 

Penyerahan hadiah dilaksanakan tanggal 16 September 2018 pukul 09.00 di Kantor UT Surakarta dalam acara Panggung Gembira.

Friday, 10 August 2018 00:00

Pertandingan dan Perlombaan Dies Natalis UT ke 34

Written by

Dalam rangka Dies Natalis Universitas Terbuka yang ke 34, UPBJJ-UT Surakarta mengadakan beberapa Pertandingan yang di persiapkan untuk kontingen Disporseni tahun 2019, adapun ketentuan dalam pelaksanaan kegiatan perlombaan dan pertandingan diatur oleh masing- masing penanggung jawab cabang pertandingan yang telah ditentukan.

Syarat,  ketentuan lomba dan pertandingan dapat diunduh disni

Monday, 06 August 2018 00:00

Lomba Foto dan VLOG 2018

Written by

Syarat dan Ketentuan Lomba

  1. Lomba terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apapun
  2. Foto/Video dapat diambil dengan segala jenis kamera (DSLR, pocket, mirrorless, handphone, dll)
  3. Foto/Video yang dikirim merupakan foto/video yang belum pernah diikutsertakan dalam lomba fotografi dan vlog, merupakan karya asli pribadi, dan peserta wajib bertanggung jawab penuh terhadap karya yang dikirimkan.
  4. Foto yang dikirimkan menjadi milik panitia dan dapat secara bebas digunakan dalam rangka kegiatan di lingkungan Universitas Terbuka tanpa kompensasi
  5. Pihak panitia dan dewan juri tidak bertanggung jawab atas hal apapun mengenai foto/video yang dikirimkan apabila terjadi penuntutan kepemilikan/hak cipta atas foto/video yang dikirim dan hal-hal lainnya yang membuat kerugian dengan nilai ataupun tanpa nilai bagi peserta maupun pihak lain.
  6. Karya tidak mengandung SARA, pornografi, dan tidak melanggar hukum/aturan yang berlaku.
  7. Panitia berhak mendiskualifikasi foto peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.
  8. Peserta dianggap telah menyetujui semua persyaratan yang ditetapkan atas karya yang dikirim.
  9. Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 foto saja untuk lomba foto
  10. Peserta hanya diberbolehkan mengirimkan 1 video saja untuk lomba vlog
  11. Perserta diperbolehkan mengikuti kedua lomba
  12. Durasi video maksimal 5 menit
  13. Keputusan juri dan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Tata cara :

Lomba Foto

  1. Follow akun Instagram (IG) Universitas Terbuka Surakarta @utsurakarta
  2. Upload foto ke IG dan share ke facebook dengan caption yang menarik dan sertakan hashtag #utsurakarta #universitasterbuka #diesnatalis_34
  3. Tag foto ke IG @utsurakarta
  4. Foto dikirim dengan format JPEG/JPG melalui email dengan subject email “Lomba Foto UT Surakarta 2018” ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. paling lambat tanggal 4 September 2018, dengan menyertakan nama lengkap, nomor HP yang bisa dihubungi dan judul foto.

Lomba Vlog

  1. Upload video ke youtube dengan judul yang menarik sertakan hashtag #utsurakarta #universitasterbuka #diesnatalis_34
  2. Kirimkan link youtube karya Anda melalui email dengan subject email “Lomba Vlog Surakarta 2018” ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. paling lambat tanggal 4 September2018, dengan menyertakan nama lengkap, nomor HP yang bisa dihubungi dan judul foto.

Penilaian Foto

  1. Kesesuaian foto dengan tema “Universitas Terbuka”.
  2. Keunikan konsep/ide pada foto.
  3. Pesan/ungkapan emosi pada foto.
  4. Komposisi dan warna pada foto.

Penilaian Vlog

  1. Kesesuaian video dengan tema “Universitas Terbuka”.
  2. Video yang dibuat mengandung motivasi/insiprasi
  3. Penyampaian pesan/informasi yang mudah dicerna oleh penonton
  4. Penentuan alur video yang jelas dan berbobot

Hadiah masing-masing lomba Foto dan VLOG

  1. Juara 1 Rp. 1.000.000,- dan sertfikat
  2. Juara 2 Rp. 500.000,- dan sertfikat
  3. Juara 3 Rp. 250.000,- dan sertfikat

Pengumuman pemenang lomba tanggal 7 September 2018 dan penyerahan hadiah tanggal 16 September 2018 di kantor UPBJJ UT-Surakarta.

Syarat dan Ketentuan diatas dapat diunduh disini

Page 1 of 2