wrapper

Breaking News

Has no content to show!

Eliminasi Puluhan Kandidat, Mahasiswa UT Surakarta Maju mewakili UT Dalam Kancah Pilmapres Nasional

SURAKARTA - Setelah melalui berbagai tahapan yang tidak mudah, Alfin Dwi Novemyanto mahasiswa program studi Ilmu Hukum Universitas Terbuka (UT) Surakarta akhirnya ditetapkan sebagai wakil Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Universitas Terbuka Tahun 2020. Alfin berhasil menyisihkan 38 (tiga puluh delapan) kandidat Mahasiswa Berprestasi lainnya yang merupakan perwakilan dari masing-masing kantor daerah UT lainnya.

“Setiap kantor daerah UT mengirim dan merekrut mahasiswa yang akan mengikuti ajang Pemilihan ini sebagai perwakilan ke UT Pusat. Di UT Surakata sendiri, Alfin telah menjalani proses seleksi dengan kandidat lainnya, yang harus memenuhi persyaratan sesuai yang diatur oleh Kemdikbud. Ujar Penanggung Jawab kemahasiswaan UT Surakarta, Cicilia Clara Devi Anggraeni, S.Pd, M.Pd Sabtu (20/06/20).

Dengan terpilihnya Alfin sebagai Mahasiswa Berprestasi Universitas Terbuka itu, lanjut Cicilia, nantinya Alfin otomatis akan mewakili UT mengikuti ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasioleh Kemendikbud tahun 2020. “Jika sebelumnya sudah terpilih di tingkat UT seluruh Indoesia, selanjutnya Alfin akan diikutkan dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres)tingkat Nasional yang diadakan oleh Kemendikbud untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia,” tambah Cicilia.

Mengharukan dan Patut Dicontoh

Dra. Yulia Budiwati, M.Si selaku Direktur UT Surakarta, tempat Alfin terdaftar sekaligus menempuh kuliah, merasa bangga dan terharu atas capaian tersebut. Menurutnya, untuk menjadi yang terbaik di kancah nasional terbsebut tidaklah mudah.

“Saya sangat terharu dan kaget saat Alfin dinobatkan sebagai wakil resmi Universitas Terbuka dalam ajang Pilmapres ini, karenasaingan Alfin itu tidak sedikit, dan pasti masing-masing kantor daerah juga memiliki banyak mahasiswa berprestasi. Tetapi yang terpilih Alfin, berarti memang memiliki keunggulan tersendiri, ujar Yulia, saat ditemui di ruang kerjanya ,Sabtu (20/06/20).

Menurut Yulia, Alfin memang bukan sosok baru lagi di UT Surakarta, bahkan di UT Pusat. Alfin itu orang yang pantang menyerah, gigih dan tidak suka membuang – buang waktu.

Awal pertama lomba, Alfin masih mencari – cari passionnya. Jadi, lomba apapun dia ikuti. Pada tahun 2019 saja, ia memeroleh banyak sekali prestasi. Alfin itu bisa membalancekan antara akademi dan non akademi,tambah Yulia.

“Bangsa ini memerlukan generasi muda yang paket lengkap, yang tak hanya berprestasi akademik saja, tetapi juga non akademik seperti kemampuan sosial, dan Alfin memiliki dua hal itu. Alfin ini telah memberikan contoh bahwa yang muda yang berkarya, karena di usia yang baru 21 tahun, ia sudah memeroleh segudang prestasi,” lanjutnya.

Terget Baru

Setelah terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Terbuka Tahun 2020, Alfin tidak akan berhenti sampai disini saja dan tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah didapatkannya. Dia memiliki ambisi untuk melangkah lebih jauh dari ini saja, ibarat kata ajang Mahasiswa Berprestasi ini hanya sebagai batu lompatan agar dia bisa terus berprestasi lagi dan akan mengejar cita-cita yang dia inginkan.

“Sebenarnya mengenai ambisi, saya tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah saya dapatkan. Ketika saya sudah mendapatkannya, saya akan membuat rencana dan membuat target baru yang belum pernah saya capai dan dapatkan. Mengenai target saya selanjutnya adalah mencoba sesuatu yang baru yang belum pernah saya dapatkan,ujar Alfin Dwi Novemyanto belum lama ini. (Aditya/Dinda)