wrapper

Breaking News

Has no content to show!

Penipuan Bermodus “Pembayaran Uang Kuliah” dengan Mengatasnamakan UT atau Staf UT

Sehubungan dengan maraknya isu penipuan dari nomor tidak dikenal bermodus perintah/ajakan untuk melakukan pembayaran uang kuliah dengan mengatasnamakan Universitas Terbuka (UT) atau staf UT, berikut ini kami sampaikan bahwa metode yang benar untuk proses pembayaran uang kuliah UT adalah sebagai berikut.

  1. Mahasiswa memperoleh Lembar Informasi Pembayaran Registrasi (LIP-R) mata kuliah dari UPBJJ-UT atau mencetak LIP-R melalui https://sia.ut.ac.id. Batas akhir pembayaran sesuai kalender akademik yang dapat diakses melalui https://www.ut.ac.id/kalender-akademik
  2. Mahasiswa mendapatkan 1 (satu) LIP-R terdiri dari biaya Registrasi mata kuliah, bahan ajar, dan biaya pengiriman bahan ajar.
  3. Memeriksa kebenaran data pada Lembar data pribadi dan LIP-R sebelum Anda melakukan pembayaran uang kuliah. Jika masih terdapat kesalahan segera minta diperbaiki kepada petugas UPBJJ-UT.
  4. Mahasiswa membawa LIP-R untuk melakukan pembayaran tunai melalui mitra UT antara lain Bank BRI, BTN, Mandiri, BNI, dan Alfa Grup.
  5. Pembayaran juga dapat dilakukan melalui ATM Bank BRI/BTN/Mandiri atau Internet Banking Bank Mandiri, SMS Banking Bank Mandiri/BTN.
  6. Jika menggunakan kartu debit Bank BRI/Mandiri dapat dilakukan melalui Electronic Data Capture (EDC) di UPBJJ-UT. Khusus mahasiswa Layanan Luar Negeri, pembayaran dilakukan melalui Virtual Account Bank BNI.

Sehubungan dengan hal tersebut UT menegaskan bahwa:

  1. Pembayaran uang kuliah tidak diberlakukan melalui metode transfer ke nomor rekening pribadi.
  2. Jika terdapat permintaan tidak sesuai dengan metode pembayaran UT serta menggunakan rekening pribadi, hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan penyalahgunaan atas nama UT oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk keuntungan dan kepentingan pribadinya.
  3. UT tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan berkaitan dengan hal tersebut.
  4. Untuk menghindari risiko atas hal-hal yang tidak diinginkan, apabila diperlukan kepada calon mahasiswa UT dapat melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada:

Contact Center UT: http://hallo-ut.ut.ac.id atau melalui Telepon: Hallo-UT 1500024

Demikian pengumuman ini dibuat. Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan,

ttd.

Adi Winata
NIP 196107281986021002

Tags: 

penipuan

transfer

pembayaran

wr3

Rekening