wrapper

Breaking News

Has no content to show!

Monitoring Sebagai Sarana Pemastian Kualitas Pembelajaran di UT

Untuk menjamin kualitas pembelajaran, UT Surakarta melakukan monitoring perkuliahan tatap muka di sembilan kabupaten dan kota wilayah UT Surakarta. Monitoring ini dilakukan secara berkala pada setiap pertemuan. Tujuan dari monitoring ini adalah untuk memastikan bahwa layanan bantuan belajar yang diberikan kepada mahasiswa berjalan dengan baik sesuai standar yang telah di tetapkan.

Dalam rapat pelaksanaan monitoring (8/10) Manajer BBLBA UT Surakarta, Betty Cahyaning Astuti, menyampaikan pelaksanaan monitoring merupakan upaya yang berkelanjutan agar mahasiswa mendapatkan pelayanan yang maksimal selama berkuliah di UT. Betty melanjutkan bahwa dalam monitoring juga dilaksanakan evaluasi secara bertahap, “sehingga jika ada kendala di lapangan ketika perkuliahan tatap muka berlangsung dapat ditangani dengan cepat,” jelasnya.

Monitoring2

Terpisah, Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati menyampaikan, meskipun dirinya tidak terjadwal sebagai petugas monitoring, namun tetap melakukan monitoring ke beberapa daerah. “Biasanya saya memilih lokasi tutorial yang membutuhkan perhatian khusus, misal yang ada mahasiswa beasiswa, yang semester lalu kurang maksimal atau persoalan lainnya,” terang Yulia (8/10).

Dalam monitoring tersebut, ia menyampaikan meskipun masih ada beberapa kendala secara teknis di lapangan, namun secara umum pelaksanaan perkuliahan tatap muka sudah terlaksana dengan baik. Sarana prasarana sudah sesuai standar fasilitas yang ditentukan UT, dan para tutor juga memiliki antusiasme yang bagus. Yulia menambahkan, “Agar UT tetap bisa melakukan kontrol terhadap mutu perkuliahan, monitoring akan dilaksanakan setiap minggu hingga pertemuan terakhir sekitar tanggal 17 november 2019,” tuturnya mengakhiri perbincangan.