wrapper

Breaking News

Has no content to show!

Gerakan Jamban Sehat Keluarga

Melalui skema kegiatan pengabdian masyarakat (Abdimas), Universitas terbuka (UT) Surakarta menyalurkan bantuan pembangunan jamban sehat keluarga. Bantuan ini diberikan kepada lima keluarga di Desa Ngrombo, Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

JS 1

Tujuan utama pembangunan Jamban sehat keluarga ini adalah mengentaskan masyarakat dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Kegiatan pengabdian masyarakat ini diinisiasi oleh tiga staff akademik UT Surakarta yakni, Muhammad Dawam, Betti Cahyaning Astuti, dan Ratih Pramitasari. Direktur UT Surakarta Yulia Budiwati, mengatakan bahwa melalui kegiatan abdimas perguruan tinggi dapat menyentuh problematika dasar masyarakat. Dengan artian, perguruan tinggi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Gerakan jamban sehat keluarga didukung penuh oleh segenap masyarakat Ngrombo dan aparatur pemerintah setempat. Hadir dalam peresmian jamban sehat keluarga plt kepala Desa Ngrombo, Djarot, yang sangat mengapresiasi bantuan jamban sehat yang telah diberikan UT Surakarta, ia berharap pengabdian masyarakat UT di Desa Ngrombo bisa berlanjut. “Kami berharap pengabdian masyarakat yang dilakukan bisa berlanjut, untuk pembenahan pengelolaan kandang ternak agar bisa lebih baik, sehingga kotorannya bisa dimanfaatkan sebagai kompos,” Terang Djarot dalam Sambutannya.

JS 2

Camat tangen, Purwo Santoso juga mengucapkan terimakasih kepada UT Surakarta atas bantuan jamban sehat yang diberikan. Ia berharap, bermula dari gerakan jamban sehat keluarga yang dilakukan oleh UT, bisa menginspirasi banyak elemen masyarakat yang berada di Tangen, untuk turut serta membangun jamban secara swadaya sehingga Tangen bisa betul-betul bebas BABS 100 persen.

JS 3