wrapper

Breaking News

Has no content to show!

EDUKASI KETERAMPILAN BELAJAR MANDIRI

Sebagai perguruan tinggi yang mengedepankan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung kegiatan akademik dan non akademik, Universitas Terbuka Surakarta menyelenggarakan kegiatan Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri (EKBM) yang terdiri dari kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri (PKBM) untuk semua mahasiswa baru. EKBM merupakan kegiatan yang penting diikuti oleh mahasiswa baru dikarenakan sebagai mahasiswa UT mereka memasuki dunia pendidikan jarak jauh yang memiliki karakteristik pembelajaran yang unik yang dalam beberapa hal berbeda dengan pendidikan tatap muka yang selama ini mereka jalani.
OSMB diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru tentang serangkaian proses yang akan mereka lakukan sepanjang mereka menjadi mahasiswa UT, yaitu proses yang dimulai dengan registrasi, pembelian bahan ajar, tutorial, ujian, kelulusan, serta kegiatan kemahasiswaan. Sementara PKBM diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan belajar mandiri melalui keterampilan merencanakan belajar, merekam hasil membaca, dan memanfaatkan layanan UT online. EKBM diselenggarakan di beberapa daerah yaitu : SMAN 1 Salatiga, SMPN 2 Purwodadi, SMKN 1 Klaten, SMKN 6 Surakarta.

EKBM 1Materi pelatihan yang disajikan oleh para penyaji antara lain: apa, mengapa, dan bagaimana EKBM; keterampilan menyusun rencana & target belajar; mengelola waktu; keterampilan membaca efektif dan keterampilan merekam hasil baca; keterampilan mengakses layanan online UT; serta keterampilan mempersiapkan dan megerjakan tugas tutorial & UAS. Menjadi Mahasiswa Mandiri Yang Berprestasi, Bukan Sebuah Mimpi.

EKBM 2