wrapper

Breaking News

Has no content to show!

FAQ Tentang Tutorial Online (Tuton)

  1. Q: Mengapa mata kuliah saya tidak muncul di Tuton?
    A: Ada tiga kemungkinan penyebabnya, Pertama, tidak melakukan aktivasi tuton, Kedua, tidak melakukan registrasi tuton, dan Ketiga, tidak mengisi lembar kesediaan mengikuti tuton.
    Jadi langkah-langkah dalam mengikuti Kegiatan Tuton: Aktivasi tuton→Registrasi Tuton→Mengisi lembar konfirmasi kesediaan tuton
  2. Q: Apa yang dimaksud dengan aktivasi tuton?
    A: Aktivasi tuton adalah proses aktivasi account mahasiswa di laman: https://elearning.ut.ac.id/. Aktivasi merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru atau mahasiswa lama yang accountnya tidak pernah digunakan lebih dari 6 (enam) bulan, sebelum mengikuti kegiatan tuton
  3. Q: Apa yang dimaksud registrasi tuton?
    A: Registrasi tuton adalah langkah kedua yang harus dilakukan mahasiswa jika ingin mengikuti kegiatan tutorial pada semester berjalan. Registrasi mata kuliah tuton dilakukan di laman Sistem Informasi Akademik UT: http://sia.ut.ac.id/
  4. Q: Mengapa harus mengisi lembar kesertaan mengikuti tuton?
    A: Pengisian lembar konfirmasi keikutsertaan dalam tuton adalah langkah ketiga atau terakhir yang dilakukan mahasiswa sebelum mengikuti tuton, hal ini sebagai pernyataan keseriusan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan tuton. Pengisisan lembar konfirmasi keikutsertaan tuton dilakukan di : https://elearning.ut.ac.id/
  5. Q: Mengapa jumlah matakuliah di tuton tidak sama dengan mata kuliah yang diregistrasi?
    A: Setiap mahasiswa yang melakukan registrasi mata kuliah, maka tidak secara otomatis semua mata kuliah yang diregistrasikan akan muncul di tuton (lihat kebijakan baru terkait kegiatan tuton). Pada prinsipnya, bagi mahasiswa yang mengambil Paket Sipas, hanya satu mata kulia yang ditutonkan untuk memberikan pengalaman online learning (ditentukan oleh program studi); bagi mahasiswa yag mengambil paket Sipas semi, hanya mata kuliah yang tidak di TTM kan yang ikut tuton (mata kuliah yang tidak bertanda T dalam katalog); bagi mahasiswa yang mengambil Paket sipas non TTM dan non Sipas, maka semua matakuliah diberikan layanan tutonnya.
  6. Q: Mengapa mahasiswa tidak dapat mengisi lembar konfirmasi?
    A: Ada dua penyebabnya, pertama, belum melakukan aktivasi tuton dan atau, Kedua, belum melakukan registrasi tuton (silakan baca kembali pertanyaan terkait aktivasi dan registrasi tuton)
  7. Q: Mengapa mahasiswa tidak dapat mengisi daftar kehadiran?
    A: Daftar hadir cukup dilakukan sekali saja, tidak perlu berulang-ulang, untuk melihat hasil kehadiran dapat dilihat di menu Nilai/Grade.
  8. Q: Mahasiswa dapat mengisi kehadiran tetapi tidak bisa mengakses diskusi
    A: Solusinya tutor melakukan edit setting Diskusi, pada menu restrict access filternya dihapus
  9. Q: Sudah registrasi tuton tetapi tidak keluar mata kuliah di tuton?
    A: Mahasiswa harus mengisi lembar konfirmasi tuton sebagai pernyataan keseriusan dalam mengikuti kegiatan tuton. Lembar konfirmasi dapat diisi setelah mahasiswa login di laman : https://elearning.ut.ac.id/
  10. Q: Mengapa materi tuton belum ada?
    A: Silakan menghubungi tutor mata kuliah yang bersangkutan, dengan melihat nama tutor dan email tutor pada menu peserta (participant) ada dua kemungkinan:Pertama,materinya belum ada, dan Kedua materinya dihide (tersembunyi) secara tidak sengaja
  11. Q: Mengapa tidak bisa melakukan reply diskusi
    A: Ada dua kemungkinan penyebabnya: Pertama, mahasiswa belum mengisi daftar kehadiran, Kedua, penyetingan diskusinya oleh tutor tidak tepat, Patikan status groupnya “No Group”
  12. Q: Apakah peserta tuton harus mengabsensi setiap mengikuti materi inisiasi yang sama
    A: Tidak, mahasiswa hanya mengisi satu kali kehadiran setiap minggu kegiatan tuton jika ingin membaca materi inisiasi atau mengisi forum diskusi atau menjawab tugas
  13. Q: Apakah tutor perlu absen kehadiran?
    A: Tutor tidak perlu mengisi daftar kehadiran
  14. Q: Ketika Mahasiswa mengisi daftar kehadiran muncul notifikasi “anda tidak diperbolehkan mengambil pelajaran ini lagi”,
    A: Kehadiran tidak perlu diakses berulang-ulang. Maksud dari informasi itu adalah “Mahasiswa tidak dapat mengakses lagi menu kehadiran”
  15. Q: Bagaimana meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam diskusi.
    A: Silakan kirim pesan (send message) kepada mahasiswa. Langkahnya adalah :1) Klik menu peserta (participant); 2) kemudian pilih semua (select all); 3) kirim pesan (send message); 4) isi pesan (message body); dan 5) kirim pesan(send message)
  16. Q: Mengapa mahasiswa tidak dapat merespon diskusi karena tidak ada tempat menjawab diskusi yang ada hanyalah hyperlink. (Akuntansi)
    A: Silakan lihat pilihan pengaturan modul yang biasanya (common module setting) setelah diklik ubah pengaturan (edit setting). Jika pada submenu “group Mode” tercantum “grup yang terlihat (visible group)” atau “group terpisah (separate group)” maka ubah menjadi “tidak ada group (no groups)”
  17. Q: Apakah Tutor boleh meminta jawaban diskusi dan tugas?
    A: Semua penilaian terhadap forum diskusi dan tugas harus dilakukan diaplikasi tuton karena penilaian tuton mahasiswa akan diambil dari aplikasi tuton. Tidak ada penilain manual (melalui email)

Unduh FAQ Tuton disini